Indo Rockers
Welcome to Indo Rockers forum!

Please Login to view the full version of the forum
or click on Register if you haven't already!
it will only take 1-2 mins and remove ads.

Thank you :)




Problem Logging in?

[ We Are One ]


You are not connected. Please login or register

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 1]

1Suggestion / How-To Pen Spinning on Tue 18 Oct 2011, 00:30

G-Neral

avatar
Rocker
Rocker
Pen spinning?
Mungkin shuffler masih asing denger kata itu...
Oke sekarang gw mau ngasih tau pen spinning itu apa:




Oke... Pen Spinning adalah sebuah cara untuk memanipulasi pena, mirip seperti yoyo, rubik, fingerboard, card flourish dan permainan manipulasi lain atau skill toy. Perbedaan yang menonjol dari pen spinning adalah: pen spinning tidak mengenal tempat dan dapat dilakukan dimanapun; material pen spinning bisa dibeli tetapi lebih sering dibuat sendiri menggunakan berbagai part pena; komunitas international yang aktif, berteman dan sangat kompetetif dimana diadakannya pertandingan international setiap tahunya.

ABANGG!!! SAYA MAU BELAJAR PEN SPINNING, CARANYA GIMANA?


Pen Spinning merupakan hal yang mudah dipelajari tetapi susah untuk dikuasai. Tag line terkenalnya adalah Easy to Learn, Hard to Master. Untuk memulai Pen Spinning ada trick dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu yaitu group Fundemental. Selain itu, ada beberapa notasi yang harus diketahui. Untuk Pen Mod atau Pen Khusus, akan dibahas lebih lanjut tetapi untuk pemula, Pencil merupakan media yang sangat bagus untuk memulai.

Notation and Term:
Notation: Finger Slot, Breakdown, Interrupted.
Term: COP, Mod, Combo, Fundemental, Advance.
Ada 5 Huruf Notasi yang disebut Finger Slot yang harus dihapalkan yaitu:

T = Thumb/ Jempol
1 = Index/ Telunjuk
2 = Mid/ Jari tengah
3 = Ring/ Jari manis
4 = Pinky/ Kelingking
TF = Thumbflap area ditengah-tengah Jempol dan jari Telunjuk
P = Telapak Tangan
B = Punggung Tangan

Contoh

12 = Pen berada ditengah Jari Telunjuk dan Jari Tengah.
24 = Pen berada ditengah Jari Tengah dan Kelingking.
T1 = Pen berada ditengah Jempol dan Telunjuk.
T12 = Ditengah Jempol, Telunjuk dan Jari Tengah.

Penting! Penulisan jari selalu diurut dari T-4. 42 harus ditulis sebagai 24, 3T haru ditulis sebagai T3 dan seterusnya.

Breakdown adalah cara mengaplikasikan notasi untuk memperjelas Combo secara tertulis. Biasa dilakukan untuk memperlihatkan Combo secara tertulis.

Terminology
> = Dari trick A menuju B | A > B, Sonic > Thumbaround
Normal/Reverse = Arah pen berputar | Trick Reverse, Sonic Reverse, Thumbaround Normal
Jumlah Putaran = Jumlah Putaran pen | 1.0, 1.5
Posisi Awal dan Akhir = Posisi dimana Pen mulai dan berakhir | Trick 23-34, Sonic Reverse 23-34

Contoh

Sonic Reverse 1.0 23-34 > Sonic Normal 1.0 34-23
Nama Trick
Arah Putaran
Jumlah Putaran
Posisi Awal dan Akhir
Symbol Transition

Interrupted Notation
Notasi ini mungkin merupakan Notasi paling membingungkan, tetapi juga merupakan Notasi terakhir yang perlu dipelajari.

Terminology
~ = Trick belum selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan bagian akhir trick lain.
>~ = Trick sudah selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan bagian akhir trick lain.
~> = Trick belum selesai dilakukan dan dilanjutkan dengan trick lain.
[p x] = Jari yang digunakan untuk mendorong pena. X dapat diganti dengan Finger Slot.
[s x] = Jumlah putaran yang dilakukan saat melanjutkan trick menuju trick lain. X dapat diganti dengan jumlah putaran.
[c x] = Slot jari yang dipakai untuk menangkap pena dalam pose akhir. X dapat diganti dengan slot jari T1, 12 dan lain lain.

Contoh

Sonic Normal 23-12[s 1.0] ~ Reverse Pass 13-34 [s 0.5][c 13]
Trick Sonic Normal yang belum selesai dengan putaran 1.0 dilanjutkan dengan Reverse Pass dalam putaran 0.5 dan ditangkap dalam jari 13.

Terminology Umum

COP = Center Of Pen, titik tengah pena.
COG = Center of Gravity, titik imbang pena.
Mod = Pena Khusus Pen Spinning.
Combo = Rangkaian Trick yang esekusi secara bergilir.
Fundemental = Trick dasar pen spin.
Advance = Trick lanjutan pen spin.

Fundamenta:
Fundemental adalah trick dasar pen spinning yang HARUS dikuasai sebelum berlanjut menuju Advance.

Fundemental berisi 3 Trick dan 1 Combo yaitu:

3 Trick:

Thumbaround



Charge



Sonic



1 Combo:

Finger Pass



Apakah hanya itu? TIDAK, masih ada Reverse atau kebalikan dari Fundemental.

Thumbaround Reverse



Charge Reverse



Sonic Reverse



Finger Pass Reverse



Apakah hanya itu? IYA, dan Fundemental ini tidak gampang untuk dikuasai!

Style:
Tidak hanya shuffle yang mempunyai style yang berbeda-beda. Pen spinning pun mempunyai style yang berbeda Seperti:

Power Trick:
Power trick adalah style dimana pen itu diputar dengan seluruh bagian tangan dan sedikit aerial



Yang ini temen saya looh :hihi:



Spinless
Sesuai namanya stylenya lebih sedikit memutar pen



Aerial
Style yang ini di gunakan juga di power trick yaitu dengan cara melambungkan bolpen ke udara



Apa cuma itu? ooh tidakk... cuma saya capek -.-


Pen Modification:
Apa itu Pen Modification?
Sebuah pen khusus yang digunakan untuk mempermudah esekusi trick pen spin.


Penmod biasanya dibuat menggunakan parts dari bolpen bolpen, pensil, atau spidol yang dijadikan menjadi 1 pen, dan bisa menghabiskan biaya 50rb-1jt untuk 1 buah pen yang terkenal dipen spinning

Partsnya: Barrel (bodi pen), Caps (tutup pen), Grip (karet pen), Tips (ujung pen), Ink Tube (isi bolpen), dan Backplug (tutup belakang pen)

Tapi kebanyakan penmod tidak bisa digunakan untuk menulis -.-

Mengapa harus begitu?
Karna untuk mendapatkan momentum yang pas dengan trik-trik kita, kita lebih gampang menyesuaikan dengan cara membuatnya sendiri.

Misalnya untuk powertrick dibutuhkan mod yang berat, seperti:
Buster CYL by: Spinnerpeem (2 kali juara dunia)



- 1 Barrel= Supertips from crayola (@10rb jika membeli dari IPSB <Indonesian Pen Spinning Board> karna barang import)
- 2 Tips= Zebra airfit (@25rb)
- 2 grips= Zebra Airfit (@25rb)
- 2 Caps= Dong-a Comssa (@5rb)

Vic Got Game Mod by: Vic Got Game



- 2 barrel= Supertips From Crayola (@10rb)
- 2 Caps= Pentel RSVP (@15rb import)
- 1 grip *dibagi 2= Pilot Dr.Grip Japanese (@250rb)
- 2 Tips= Pilot Dr.Grip Japanese (@250rb)

untuk bermain combo advance fundamental:
Ayatori Mod by: Ayatori



- 1 barrel= Signo Lakubo (@15rb)
- 1 Cap= Zebra Jimnie hyperjell (@10rb)
- 2 Tips= Uni Signo (@18)
- 1 Grip= UNI Signo knock (@8rb)

Saran Pen untuk pemula?
PENCIL!!!!!!!

Pencil adalah media yang sangaaaaaatt bagus untuk pemula, dikarenakan tidak adanya berat lebih dan juga mudah untuk dipakai.

Kategori Pencil yang baik.
Diameter Bulat bukan persegi.
Tidak ada penghapus disatu ujung.
Belum diserut.

Kategori pencil seperti ini sangatlah membantu melakukan trick dikarenakan pencil dapat dipegang dalam setiap arah dan ditangkap dengan setiap arah juga. Selain itu pencil enak dipegang dan nyaman untuk dipakai.



Apakah bisa dibuat lebih istimewa?
Tentu dengan tambahan Tips dan Grip.

Tips adalah ujung metal dari pena. Kadang terbuat dari metal atau plastik. Tips sering sekali dipakai sebagai pemberat pena untuk menghasilkan momentum.



Sementara itu Grips adalah karet yang ditemukan dipena. Tidak semua pena memiliki grip. Kategori grip yang bagus adalah grip karet yang berdiameter bulat. Sementara itu, texture, ukuran dan warna tergantung pen dan selera.



IPSB:
Indonesia Pen Spinning Board adalah komunitas Pen Spinning di Indonesia.
Biasanya gathering diadakan 1 bulan sekali Sabtu minggu ke-dua di Burger King Citos.
IPSB sudah pernah masuk runner up di kejuaraan internasional Universal Pen Spinning Board.
Video:


More info & Gabung :hihi:
Site: http://IPSB.biz



http://www.facebook.com/zakiy.gneral

2Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Mon 24 Oct 2011, 14:53

ERQ-

avatar
Rocker
Rocker
ikutan join ya kaka, minat belajar deh :D

-reserved-

http://s13.zetaboards.com/ipsb/index

3Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Mon 24 Oct 2011, 17:50

Ldou.CodDou

avatar
Newbie
Newbie
keren nih xD wakaka coba" ah~

4Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Mon 24 Oct 2011, 18:49

SymphoniCrical

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
Anjir keren banget brooo :thumbup:
jadi pengen nyoba belajar nih ! . pantengin tutorialnya terus dah maenan baru nih

http://soundcloud.com/dj-fahmi-ramadhan

5Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Tue 25 Oct 2011, 10:09

Kepala.Hansip

avatar
Moderator
Moderator
pernah nyoba ni gw iseng
tapi baru 3 kali muter dah jatoh pena gw, macet deh
males gw jadinya belajar hahahaha

semangat buat yang belajar pen spinning

_____________________

Shufflin is more than just a Dance Style.
it's a Passion.
it's about becoming one with the music.
and interpreting it in your own style.
it's doesn't metter where you are or who your with
because it's all about getting lost in the music
only when we learn to dance
can we learn to let go and live in the moment!

_____________________

6Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Tue 25 Oct 2011, 14:48

G-Neral

avatar
Rocker
Rocker
ERQ- wrote:ikutan join ya kaka, minat belajar deh :D

-reserved-

yaelah... global moderator aja lu -.-

http://www.facebook.com/zakiy.gneral

7Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 27 Oct 2011, 13:29

G-Neral

avatar
Rocker
Rocker
SymphoniCrical wrote:Anjir keren banget brooo :thumbup:
jadi pengen nyoba belajar nih ! . pantengin tutorialnya terus dah maenan baru nih

ayolah bro belajar... wkwkwk... kalo bisa ikut gathering sekali-kali xD

http://www.facebook.com/zakiy.gneral

8Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 27 Oct 2011, 14:36

SymphoniCrical

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
penspinnerz1 wrote:
SymphoniCrical wrote:Anjir keren banget brooo :thumbup:
jadi pengen nyoba belajar nih ! . pantengin tutorialnya terus dah maenan baru nih

ayolah bro belajar... wkwkwk... kalo bisa ikut gathering sekali-kali xD

Okee brooo , nanti lah ikut gatheringnya kalo udah lancar dikit hehe :]

http://soundcloud.com/dj-fahmi-ramadhan

9Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 27 Oct 2011, 21:33

astral95

avatar
Rocker
Rocker
boleh dicoba nih :army:

10Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 27 Oct 2011, 23:36

G-Neral

avatar
Rocker
Rocker
SymphoniCrical wrote:
penspinnerz1 wrote:
SymphoniCrical wrote:Anjir keren banget brooo :thumbup:
jadi pengen nyoba belajar nih ! . pantengin tutorialnya terus dah maenan baru nih

ayolah bro belajar... wkwkwk... kalo bisa ikut gathering sekali-kali xD

Okee brooo , nanti lah ikut gatheringnya kalo udah lancar dikit hehe :]

bisa langsung diajarin di sana kok masbro :D

http://www.facebook.com/zakiy.gneral

11Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Sat 29 Oct 2011, 11:17

SymphoniCrical

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
penspinnerz1 wrote:
SymphoniCrical wrote:
penspinnerz1 wrote:
SymphoniCrical wrote:Anjir keren banget brooo :thumbup:
jadi pengen nyoba belajar nih ! . pantengin tutorialnya terus dah maenan baru nih

ayolah bro belajar... wkwkwk... kalo bisa ikut gathering sekali-kali xD

Okee brooo , nanti lah ikut gatheringnya kalo udah lancar dikit hehe :]

bisa langsung diajarin di sana kok masbro :D

Okeee broo , sip deeh akan diusahakan bounce

http://soundcloud.com/dj-fahmi-ramadhan

12Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Sat 29 Oct 2011, 17:29

Evolution

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
ERQ- itu eareq kan di ipsb? Gw darrian10 :P btw nice thread bro

http://www.anotherevermore.co.cc

13Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Sat 29 Oct 2011, 21:45

G-Neral

avatar
Rocker
Rocker
Evolution wrote:ERQ- itu eareq kan di ipsb? Gw darrian10 :P btw nice thread bro

eh IPSB juga ya? udah ikut gath belom? gw udah 1th di situ heheee. xD

iya... sepik aja dia gatau pen spinning -.- *koplak

http://www.facebook.com/zakiy.gneral

14Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 01 Dec 2011, 02:08

Rezt

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
ampe mangap gw nonton videonya, anjirrr tu tangan pake oli merk apan :0

https://www.facebook.com/#!/profile.php?id=1851767968

15Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Tue 06 Dec 2011, 14:26

Slashzer

avatar
Rocker
Rocker
WOW!!!.. baru tau saya ada skill kayak ginian.. keren... :hihi: coba belajar ah.. biar bisa dipake kalo misalnya lagi bosen di sekolah.. hehehe :)

16Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Wed 14 Dec 2011, 20:04

Evolution

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
@G-Neral : pernah gw ikut gath.. gw bagian LzR hahaha.. btw masih aktif IPSB?

http://www.anotherevermore.co.cc

17Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Sat 21 Jan 2012, 21:38

riezkyrr

avatar
Newbie
Newbie
bro ane punya id ipsbnya juga tapi baru trik fundamental sama beberapa trik advance

bro bisa kasih tutorial cara buat ayatori gak

pen ane sekarang buster afx hehe soalnya buster cyl mahal

18Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Sun 22 Jan 2012, 12:47

Evolution

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
gw terakhir cyl.. afx pen pertama gw hahaha.. ayatori keknya bnyk deh tutorialnya di youtube.. btw klo dh pke buster pke ayatori keentengan loh.. gw sering mental pennya -__-"

http://www.anotherevermore.co.cc

19Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Tue 24 Jan 2012, 18:29

aLiLz

avatar
Rocker
Rocker
aduh udah nyobain tapi asih bingung

20Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Tue 24 Jan 2012, 21:32

Evolution

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
@atas: mungkin bs dibantu? :) bingung bagian mana bro? Haha

http://www.anotherevermore.co.cc

21Suggestion / How-To Re: Pen Spinning on Thu 26 Jan 2012, 07:12

strizki

avatar
Rocker
Rocker
bukan termasuk dance khan ya?
tapi kreativitas khan.. pake ketelitian..
susah banget kalo gak bener-bener belajar... cheers

http://Banyuwangiravers.blogspot.com

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 1]

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum

 

Make a forum | © PunBB | Free forum support | Report an abuse | Free forum