Indo Rockers
Welcome to Indo Rockers forum!

Please Login to view the full version of the forum
or click on Register if you haven't already!
it will only take 1-2 mins and remove ads.

Thank you :)




Problem Logging in?

[ We Are One ]


You are not connected. Please login or register

Go to page : 1, 2  Next

View previous topic View next topic Go down  Message [Page 1 of 2]

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
Hello rockers !!  :paper:
sesuai sama judul, disini gua mau berbagi knowledge saja bagi yang belum tau biar jadi tau..
kebanyakan timeline shuffle di indonesia kadang suka keliru terhadap apa itu RAVE DANCE ??
apa itu STREET DANCE ??
bahkan gak asing juga bagi kita klo ngeliat group shuffle yang didalamnya ada unsur street dance juga.
jadi seperti kayak merge antara rave dance dan street dance, padahal nama groupnya ada "SHUFFLE"nya  -.-

masih belum ngerti ?
okey, gua kasih contoh kecilnya saja..

" 3gp Shuffle Squad "

naah di dalamnya ada :
- Shuffle
- Bboy
- Lady Style (Sexy dancer)
- Hip Hop
- Liquid

pertanyaannya, nama groupnya kan "SHUFFLE" kenapa ada unsur dance lain di dalamnya ?  -.-

okey, kita mulai pembahasannya mulai dari Rave Dance dahulu yaa guys !

Rave adalah singkatan dari Radical Audio Visual Experience (pengalaman audio visual radikal) atau Rave Party adalah istilah yang pertama kali dipakai pada tahun 1980-an dan 1990-an untuk menggambarkan Dance Party (yang sering diadakan di malam hari) yang diiringi musik berirama cepat dan pertunjukan lampu.
Dalam pesta-pesta seperti ini DJ dan artis pemusik memainkan musik dance elektronik dengan ciri khas irama yang monoton dan berulang-ulang (EDM/Electronic Dance Music). Genre musik yang sering dimainkan dalam rave party adalah house, musik trance, techno, jungle (sering disebut musik rave), dan disertai pertunjukan lampu laser, proyeksi gambar, dan kabut buatan.

Pada akhir 1980-an, istilah rave dipakai untuk menjelaskan subkultur yang berasal dari tren acid house. Pada waktu itu, istilah rave dipakai untuk menggambarkan suasana pesta di Ibiza (sebuah pulau di Laut Tengah) yang sering dikunjungi remaja Jerman dan Inggris sewaktu liburan. Kekhawatiran terhadap sejumlah peserta pesta yang menggunakan obat psikoaktif untuk tujuan rekreasi, di antaranya MDMA, kokaina, amfetamin, dan ketamin, dipakai sebagai alasan oleh pihak keamanan untuk melarang pesta-pesta seperti itu.

Pada akhir tahun 1950-an, istilah rave sudah dipakai untuk menggambarkan "pesta-pesta liar bohemian" di kalangan underground beatnik di Soho. Istilah rave kemudian dipakai untuk menjelaskan pesta-pesta liar secara umum di kalangan generasi mod pada awal 1960-an. Variasi dari istilah rave adalah rave-up (terutama dikenal dalam bahasa Inggris Britania) setelah dipopulerkan oleh band The Yardbirds. Orang-orang yang senang sekali pesta dan kumpul-kumpul disebut raver (bentuk jamak: ravers). Pemusik pop seperti Keith Moon dari The Who dan Steve Marriott dari The Small Faces, dan Clare Willans bahkan menyebut diri mereka sebagai raver.
Dalam kebudayaan pop, istilah rave, rave-up, dan raver antara lain dipakai untuk judul album, lagu, dan judul majalah.

Pada tahun 1965, grup The Yardbirds merilis album di Amerika Serikat yang diberi judul Having a Rave Up.
Majalah bulanan dengan target remaja perempuan belasan tahun diberi judul "rave". Majalah tersebut sempat terbit 69 edisi tidak terputus dari Februari 1964 hingga Oktober 1969. Isinya artikel, wawancara, dan sesi foto eksklusif yang berhubungan dengan musik pop kontemporer masa itu.

Pada tahun 1968, istilah ravers disebut dalam lirik lagu "Lazy Sunday" oleh grup musik The Small Faces.
Sebelum istilah rave ramai diasosiasikan orang pada tahun 1980-an dengan musik elektronik, istilah ini sebenarnya sudah dipakai pada 28 Januari 1967 untuk pertunjukan musik elektronik "Million Volt Light and Sound Rave" yang diadakan di Roundhouse, London. Pertunjukan tersebut menampilkan karya Paul McCartney dan John Lennon berupa kolase cuplikan-cuplikan musik yang khusus dibuat untuk kesempatan itu. Mereka membuat karya itu dalam sesi rekaman legendaris Carnival Of Light yang dibuat dalam tahap-tahap awal sesi rekaman Sgt. Pepper.
Sejalan dengan perubahan yang cepat dalam budaya pop Britania, dari era Mod ke era hippie tahun 1967, dan tren-tren selanjutnya, istilah rave kemudian tidak lagi populer. Sepanjang 1970-an hingga kemunculannya kembali pada awal 1980-an, istilah rave jarang terangkat ke permukaan. Salah satu pengecualian adalah lagu "Drive-In Saturday" dari David Bowie yang berisi lirik "'It's a crash course for the ravers". Istilah rave atau raver waktu itu hanya dipakai untuk menggambarkan kejanggalan atau penggunaan secara ironis bahasa gaul yang sudah usang, bersama-sama dengan istilah usang asal "tahun enam puluhan" seperti groovy. Persepsi untuk kata rave berubah lagi pada akhir 1980-an ketika istilah ini dihidupkan kembali oleh budaya baru remaja yang kemungkinan terinspirasi oleh penggunaan istilah ini di Jamaika.

KESIMPULAN : Rave Dance itu sendiri kebanyakan terlahir di suatu tempat acara di Rave Party seperti di PUB, Clubbing, etc.
sedangkan music yang di pakai berirama yang berulangan terus menerus seperti Trance, Techno, House, Hardstyle, Hard Dance, Dubstep dll. (Electronic Dance Music)


Adapun jenis-jenis tarian pada RAVE DANCE meliputi :

- Melbourne Shuffle
- Jumpstyle
- Tectonick
- Liquid
- Gabber
- etc.




Okey, sekarang kita beralih topic ke pembahasan STREET DANCE

STREET DANCE secara resmi dikenal sebagai tari VERNAKULAR merujuk pada tarian gaya-terlepas dari negara asal-yang berevolusi di luar studio tari di setiap ruang terbuka yang tersedia, seperti jalan-jalan, pesta dansa, pesta blok, taman, pekarangan sekolah, rave , dan klub malam. Mereka sering ber improvisasi dan bersosialisasi di alam terbuka, mendorong interaksi dan kontak dengan penonton dan penari lainnya. Tarian ini merupakan bagian dari budaya vernakular wilayah geografis yang mereka berasal. contoh street dance termasuk b-boying (atau breakdancing), yang berasal dari New York City, USA.

Street Dance adalah tarian yang berkembang antara orang-orang dalam lingkungan sosial, meskipun tidak selalu dapat ditentukan, bagaimana mereka benar-benar berkembang antara orang lain. Secara teori, sebagai salah satu orang datang dengan langkah yang tampaknya terlihat baik untuk orang lain, orang lain mencoba untuk mengulang step kaki yang serupa dengan di Cina, efeknya adalah bahwa orang lain tidak bisa benar-benar melakukan yang bergerak dengan cara yang sama seperti orang lain, sehingga mengarah ke penari untuk menciptakan gaya mereka sendiri (Ownstyle) atau seluruhnya bergerak baru berdasarkan itu. Ada perbedaan kecil antara seluruhnya (improvisasi) tari Free Style dan Absolute Street Dance. Sementara Free Style dance adalah random dan tari pribadi yang diciptakan oleh satu orang (bahkan jika itu didasarkan pada orang lain gaya tari), tarian jalanan penuh adalah kumpulan dari gerakan tarian berbagai serupa dan gaya dikumpulkan menjadi satu praktek dan dianggap sebagai hal yang sama menari. Misalnya, ketika b-boying berevolusi dari awal budaya hip-hop , orang datang dengan gerakan mereka sendiri, dan orang lain meningkatkan skill mereka.
Street Dance terus berevolusi selama mereka sesekali dipraktekkan dan dianggap sebagai tarian yang sama. Semua bergerak menari untuk mengekspresikan lagunya.
budaya hip-hop itu sendiri juga dianggap sebagai b-boying.
Kadang-kadang mungkin untuk melacak kembali gaya tari jalanan yang sebagian besar dipelopori oleh orang-orang tertentu. Salah satu contoh adalah LOCKIN, yang sering dianggap sebagai yang dimulai oleh Don Campbell, yang merupakan pelopor tahun 1970-an street dance di Amerika. Sebagian besar waktu itu adalah mustahil untuk orang berminat untuk mempelajari tarian-tarian Street Dance, karena tarian berkembang di luar lingkungan oleh para dancer profesional, dimana tidak ada catatan sosial dan atau hukum. Street / vernakular pelopor tari juga jarang memiliki gelar profesional dalam tari, sehingga membedakan tari jalan dari bentuk-bentuk tari modern.

KESIMPULAN : Street Dance lahir dari orang-orang yang mengekspresikan lagu aransemen bergenre HIP HOP, dan berkembang sehingga terbagi menjadi beberapa klasifikasi dance yang berbeda-beda dalam street dance.

Sedangkan jenis-jenis tarian pada STREET DANCE meliputi :

- Hip Hop
- Breakin (Break Dance)
- Lady Style (Sexy Dancer)
- Jerkin
- Cupid Shuffle
- DnB Step
- Dubstep
- Etc.



Sumber : Wikipedia, Exprience


NOTE : FAKTANYA, Tehnik Running man di dalam Melbourne Shuffle adalah tehnik yang di adopsi dari salah satu tehnik di HIP HOP.
karena tehnik yang pure dalam Melbourne Shuffle itu sendiri adalah hanya tehnik "Shuffle" atau "T-Step"
dan Liquid merupakan GENRE LAGU yang di mainkan.
sedangkan nama asli dalam dancenya tersebut bernama "ELECTRO KIF"




Naaah.. sekarang udah bisa bedain kan yang namanya RAVE DANCE dan STREET DANCE itu apa.. :D
so, buat kalian yang lagi mau ngebuat group shuffle dengan beberapa aliran dance di dalamnya..
di pelajari dulu apakah nama yang kalian berikan itu pantas atau enggak untuk dance di dalamnya  :hihi:

But, kalau memang kalian ingin ngebuat group yang mempunyai beberapa aliran dance campuran seperti shuffle, hip hop, jumpstyle, b-boy, lady style dll.
lebih baik nama yang cocok itu adalah 3GP DANCE SQUAD daripada 3GP SHUFFLE SQUAD
karena beda aliran dance saja, mungkin sudah sangat beda jauh cultural / budayanya..  xP


Okey, sekian dulu penjelasan dari gua...
semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kamu yang lagi mencari tau.. hehe  ;P

We Are One



Last edited by -Chakz- on Wed 19 Jun 2013, 20:29; edited 5 times in total

http://www.facebook.com/cakraadinegara

Null.

avatar
Rocker
Rocker
Nice Share dude. But i have some question.
Gimana kalo mereka pada saat itu memang lagi ingin shuffle pada saat mendirikan squad itu atau crew itu. Tetapi disaat jalannya waktu. Mereka mengekspresikan diri mereka dengan Sexy Dance (gilee lu ndro) karena mereka masih ingin mengenang dan menghargai nama squad mereka. dia ga mau ganti dan ga ingin squad itu sendiri bubar. Dan mereka ingin mengajarkan member mereka dengan Sexy Dance . So what about dat?

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
Null. wrote:Nice Share dude. But i have some question.
Gimana kalo mereka pada saat itu memang lagi ingin shuffle pada saat mendirikan squad itu atau crew itu. Tetapi disaat jalannya waktu. Mereka mengekspresikan diri mereka dengan Sexy Dance (gilee lu ndro) karena mereka masih ingin mengenang dan menghargai nama squad mereka. dia ga mau ganti dan ga ingin squad itu sendiri bubar. Dan mereka ingin mengajarkan member mereka dengan Sexy Dance . So what about dat?

wkwkwkwk panjang bener pertanyaannya xP
kalo masalah kayak gitu sih tergantung merekanya aja..
dan gak ada yang ngelarang juga sih sebenernya untuk nama-nama kayak gitu..

but, kalo menurut gua.. udah gak pure "Shuffle" lagi group itu, soalnya kan udah ada merge dari dance lain
apalagi dance nya itu sendiri bukan sebagian dari rave dance.. ;P

kayak contohnya aja, " ASLI BUATAN SAYA SENDIRI "
tapi didalam pengerjaannya, ada campur tangan orang lain..

naah, masih bisa disebut asli gak tuh..? ;P
CMIIW :run:

http://www.facebook.com/cakraadinegara

HardblitZ

avatar
Moderator
Moderator
klo bisa judulnya diganti sesuai yg dibahas. thx xD


_________________

Rave with culture ;)



-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
HardblitZ wrote:klo bisa judulnya diganti sesuai yg dibahas. thx xD

done :punch:

http://www.facebook.com/cakraadinegara

HardblitZ

avatar
Moderator
Moderator
-Chakz- wrote:
HardblitZ wrote:klo bisa judulnya diganti sesuai yg dibahas. thx xD

done :punch:

umadbro :tai:

nice thread :clap:


_________________

Rave with culture ;)



-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
HardblitZ wrote:
-Chakz- wrote:
HardblitZ wrote:klo bisa judulnya diganti sesuai yg dibahas. thx xD

done :punch:

umadbro :tai:

nice thread :clap:

kaga kok.. *sambilngepelintinju wkwkwk

http://www.facebook.com/cakraadinegara

Roxthrow

avatar
Rocker
Rocker
kudu di UP yang bginian..

Menurut gua, scara simpel nya mungkin yang ngebedain antara dua hal itu adalah suasana dan penggunaan musik nya..

Btw, nice thread!!

http://Roxthrow.blogspot.com

raka_shuffle

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
panjang amad dah,,,, tpi thanks ya cak,,, nambah ilmu lgi dikit2,,,, wkwkwkk..... ...

aditrigunawan

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
Thanks ya Chazk.... sekarang ilbu Gw nambah jadi Gw gak sotoy lagi soal shuffle. xD

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
raka_shuffle wrote:panjang amad dah,,,, tpi thanks ya cak,,, nambah ilmu lgi dikit2,,,, wkwkwkk..... ...

justru yang panjang itu lebih asik... hehehe ;P
yaa asal gak males" buat baca aja.. sama harus sabar buat ngereply postingan xP

http://www.facebook.com/cakraadinegara

fijea

avatar
Admin
Admin
Nice, sticked! :toast:


_________________

http://www.fijea.com

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
fijea wrote:Nice, sticked! :toast:

thanks koko... :hihi:

http://www.facebook.com/cakraadinegara

rihat

avatar
Rocker
Rocker
kece bang cak ! (abang tukang becak)

http://www.nahltahir.blogspot.com

Trancelator


Newbie
Newbie
Another standing applause :clap:

excellent and well explained

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
rihat wrote:kece bang cak ! (abang tukang becak)

Trancelator wrote:Another standing applause :clap:

excellent and well explained


Thanks for appreciated bro :toast:

http://www.facebook.com/cakraadinegara

rihat

avatar
Rocker
Rocker
sama sama mas bro

http://www.nahltahir.blogspot.com

Hanzaki

avatar
Rocker
Rocker
fuuuh....lengkap beuuudd...hahaha,,,thx bro infonya, tapi ternyata masih banyak orang yang belum bisa ngebedain antara street dance dg rave dance,... tapi akhirnya ane bisa ngerti bahwa kedua hal itu benar2 adalh 2 hal yang berbeda... NICE SHOT!

-Chakz-

avatar
Hard Rocker
Hard Rocker
RISK(y) wrote:fuuuh....lengkap beuuudd...hahaha,,,thx bro infonya, tapi ternyata masih banyak orang yang belum bisa ngebedain antara street dance dg rave dance,... tapi akhirnya ane bisa ngerti bahwa kedua hal itu benar2 adalh 2 hal yang berbeda... NICE SHOT!

jangan bosen" mengingatkan sama ngasih tau aja bro intinya..
pelan-pelan tapi pasti.. :)
manusia lahir aja harus dimulai dari merangkak dulu kan jalannya ? ;P

http://www.facebook.com/cakraadinegara

rihat

avatar
Rocker
Rocker
-Chakz- wrote:
RISK(y) wrote:fuuuh....lengkap beuuudd...hahaha,,,thx bro infonya, tapi ternyata masih banyak orang yang belum bisa ngebedain antara street dance dg rave dance,... tapi akhirnya ane bisa ngerti bahwa kedua hal itu benar2 adalh 2 hal yang berbeda... NICE SHOT!

jangan bosen" mengingatkan sama ngasih tau aja bro intinya..
pelan-pelan tapi pasti.. :)
manusia lahir aja harus dimulai dari merangkak dulu kan jalannya ? ;P




gue bayi udah belajar t-step bang (bohong bgt)

http://www.nahltahir.blogspot.com

GhazyFawwaz

avatar
Co-Moderator
Co-Moderator
rihat wrote:
-Chakz- wrote:
RISK(y) wrote:fuuuh....lengkap beuuudd...hahaha,,,thx bro infonya, tapi ternyata masih banyak orang yang belum bisa ngebedain antara street dance dg rave dance,... tapi akhirnya ane bisa ngerti bahwa kedua hal itu benar2 adalh 2 hal yang berbeda... NICE SHOT!

jangan bosen" mengingatkan sama ngasih tau aja bro intinya..
pelan-pelan tapi pasti.. :)
manusia lahir aja harus dimulai dari merangkak dulu kan jalannya ? ;P




gue bayi udah belajar t-step bang (bohong bgt)

Dimohon tidak membuat post yang mengundang OOT ya. >_<

http://forum.indorockers.com/t946-ghafz-rave-gear-phat-pant-susp

elmudo

avatar
Rocker
Rocker
rave dance selain melbourne shuffle, jumpstyle, tectonick, liquid, gabber ada lagi gak bang chakz? xD

http://www.facebook.com/elmudoluthfan.riyadi.1

VinkA

avatar
Moderator
Moderator
nice topic banget! :)

http://www.indorockers.com

GhazyFawwaz

avatar
Co-Moderator
Co-Moderator
elmudo wrote:rave dance selain melbourne shuffle, jumpstyle, tectonick, liquid, gabber ada lagi gak bang chakz? xD

Ada lagi Industrial dance. Coba aja seacrh di Youtube videonya. :D

http://forum.indorockers.com/t946-ghafz-rave-gear-phat-pant-susp

elmudo

avatar
Rocker
Rocker
GhazyFawwaz wrote:
elmudo wrote:rave dance selain melbourne shuffle, jumpstyle, tectonick, liquid, gabber ada lagi gak bang chakz? xD

Ada lagi Industrial dance. Coba aja seacrh di Youtube videonya. :D

iya nanti di search, thanks :toast:

http://www.facebook.com/elmudoluthfan.riyadi.1

Sponsored content


View previous topic View next topic Back to top  Message [Page 1 of 2]

Go to page : 1, 2  Next

Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum

 

Forum create on Forumotion | Music and Radio | Dance | © PunBB | Free forum support | Report an abuse | Free forum